You are currently viewing Tips Saat Pertama Kali Berurusan Dengan Hukum

Tips Saat Pertama Kali Berurusan Dengan Hukum

  • Post category:Artikel

Mungkin sebagian dari Anda yang baru pertama kali berurusan hukum akan mengalami kepanikan dan rasa takut yang menghantui. Hal tersebut wajar terjadi karena jika menyangkut dengan masalah hukum tentunya akan erat kaitannya dengan hukuman kurungan pidana yang sangat dihindari banyak orang.

Di Indonesia sendiri, pendampingan hukum oleh seorang profesional advokat dapat dilakukan jika berkaca dengan aturan Kitab Undang Undang Hukum Acara Pidana Nomor 8 Tahun 1983 dimana dalam pasal 54 yang berbunyi, “ Seseorang berhak mendapatkan bantuan hukum guna kepentingan pembelaan selama dalam waktu pada setiap tingkatan pemeriksaan.

Berikut Tips Utama Saat Pertama Kali Berurusan Hukum

  1. Tenang Dan Tidak panik Menjadi Kunci, Pasalnya dengan menyikapi persoalan hukum yang Anda hadapi dengan tenang, Anda dapat dengan baik mengontrol emosi dan juga perkataan yang seharusnya Anda tidak katakan. Sikap yang panik dan gegabah adalah sikap yang sebisa mungkin untuk dihindari guna menjauhkan ada dalam permasalahan yang lebih sulit lagi kedepannya.
  2. Kenali Kasus Yang Dihadapi Lebih Dalam, bagi Anda yang tengah berhadapan dengan persoalan hukum, ada baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu mengenai kasus yang menjerat Anda tersebut. Anda wajib menganalisisnya terlebih dahulu untuk mengetahui apakah kasus yang menimpa Anda tergolong sebagai kasus hukum pidana, perdata atau bahkan administrasi negara. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, Anda bisa mencari tahu permasalahan hukum yang tengah Anda hadapi dengan membaca ulasan blog justika.

Leave a Reply