You are currently viewing Pesta Inklusif 2023, Bangun Ekosistem Ramah Disabilitas dengan Diskusi dan Pertunjukan Seni

Pesta Inklusif 2023, Bangun Ekosistem Ramah Disabilitas dengan Diskusi dan Pertunjukan Seni

  • Post category:Berita

Dalam mendorong ekosistem inklusif di Indonesia, platform sosial Koneksi Indonesia Inklusif (KONEKIN) kembali menyelenggarakan Pesta Inklusif.

Menurut CEO & Founder KONEKIN Marthella Rivera Sirait, Pesta Inklusif adalah acara tahunan untuk merayakan Hari Disabilitas. Acara ini merangkul lintas pemangku kepentingan ambil peran dalam mendorong nilai inklusif dan menyediakan panggung talenta disabilitas.

Pemilihan nama ‘Pesta’ bertujuan menggambarkan suasana diskusi yang lebih meriah dan menyenangkan dengan menampilkan pertunjukan seni. Sementara kata ‘inklusif’ dipilih karena acara ini tidak terbatas pada satu ragam disabilitas saja tetapi membaur dengan non-disabilitas.

Acara Pesta Inklusif kali ini mengangkat tema mengenai kolaborasi dalam mencapai inklusi disabilitas sebagai bagian dari agenda Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 2030. Dengan tajuk Kolaborasi Pentahelix menuju Indonesia inklusif.

“Pesta Inklusif diharapkan dapat menjadi wadah interaksi, diskusi, dan galang aksi untuk mendorong kesetaraan disabilitas oleh semua aktor pembangunan,” ujar Marthella dalam konferensi pers Pesta Inklusif 2023 yang dilaksanakan di Sunyi Coffee, Barito, Jakarta Selatan, Rabu, 13 Desember 2023.

Dia menambahkan, Pesta Inklusif 2023 menggandeng Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sebagai venue partner yang kini juga mulai menerapkan konsep pariwisata inklusif dan ramah disabilitas.

Sejalan dengan Pilar Utama TMII

Pesta Inklusif 2023 dinilai sejalan dengan pilar utama TMII yakni terbuka untuk seluruh lapisan masyarakat.

“Agenda kegiatan Pesta Inklusif ini in line dengan pilar utama kita. TMII terbuka untuk seluruh lapisan masyarakat, dan setelah direvitalisasi Taman Mini pun menjadi Disable Friendly. Jadi fasilitasnya sudah mulai ramah untuk penyandang disabilitas,” papar Novera Mayang Sari selaku Corporate Secretary Taman Mini Indonesia Indah dalam kesempatan yang sama.

Selain itu, Pesta Inklusif 2023 akan menjadi yang terbesar dibandingkan agenda-agenda Pesta Inklusif yang pernah diselenggarakan oleh KONEKIN sebelumnya.

Pesta Inklusif 2023 memiliki beberapa agenda besar seperti tiga sesi diskusi publik, lima kelas belajar inklusif, serta menghadirkan 30 penampil disabilitas.

Gandeng Talenta Muda Indonesia

Untuk memeriahkan acara ini, KONEKIN menggandeng talenta-talenta muda Indonesia untuk turut berpartisipasi.

Di antaranya adalah musisi Rafi Sudirman dan Rara Sudirman. Penampilan mereka juga akan turut berkolaborasi dengan Hasna Mufida, seniman Tuli yang akan mengisyaratkan lagu-lagu yang dibawakan oleh Rafi dan Rara.

“Harapan saya sebagai guest star Pesta Inklusif 2023 agar saya bisa menginspirasi, dan harapan saya semoga semakin banyak teman-teman yang menjadi lebih berani untuk menjadi berbeda, karena berbeda itu indah, berbeda itu kita akan memiliki keunikan kita masing-masing,” ujar Rara Sudirman.

Digelar Sabtu Ini

Sementara itu Hasna Mufida menyampaikan harapannya agar kelompok disabilitas khususnya Tuli dapat diberi kesempatan dan akses agar dapat meraih kesetaraan.

“Sebagai seorang seniman Tuli, mungkin saya bukan seseorang yang istimewa, saya sama seperti seniman yang lain, dan semua orang berhak mendapat kesempatan yang sama, sama istimewanya,” kata Hasna.

“Harapan saya kepada seluruh masyarakat adalah jangan menghalangi kesempatan, karena hal ini penting sekali bagi kami agar kami dapat mengetahui kemampuan kami,” imbuhnya.

Pesta Inklusif 2023 akan digelar pada Sabtu, 16 Desember 2023 di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur.

Source: Liputan6.com

Leave a Reply