You are currently viewing Modifikasi Vario Jadi Motor Roda 3 Listrik untuk Penyandang Disabilitas

Modifikasi Vario Jadi Motor Roda 3 Listrik untuk Penyandang Disabilitas

  • Post category:Berita

Penyandang disabilitas tetap bisa mengendarai sepeda motor dengan melakukan modifikasi. Salah satu modifikasi yang dilakukan adalah mengubahnya menjadi kendaraan roda tiga (tricycle).

Untuk menjawab tantangan zaman, modifikasi tidak hanya membutuhkan penyesuaian bentuk kendaraan tapi juga sumber tenaganya yakni menggunakan motor listrik. Seperti Honda Vario lansiran 2012 ini, disulap menjadi tricycle dan menggunakan motor listrik sebagai penggeraknya.

Rubiyanto, Pemilik Bengkel Modifikasi dan Konversi Motor Listrik Rwin Development Solo mengatakan Vario tersebut merupakan pesanan dari konsumen, untuk salah satu anggota keluarganya yang berkebutuhan khusus.

“Rangka masih menggunakan Vario bawaan pabrik, kami membangun arm belakang beserta penggeraknya yakni motor listrik, sehingga mesin bawaan sudah tidak dipakai lagi,” ucap Rubiyanto kepada Kompas.com, Rabu (24/1/2024). Rubiyanto mengatakan motor tersebut didesain khusus untuk dapat menempuh jarak cukup jauh dengan baterai yang tidak terlalu besar.

“Dinamo yang digunakan tipe BLDC dengan spesifikasi 48 volt 750 watt, sehingga harus menggunakan baterai 48 volt dengan kapasitas beragam, semakin besar ampere hours-nya jarak tempuhnya semakin jauh,” ucap Rubiyanto.

Rubiyanto mengatakan dinamo akan menggerak gardan, sehingga kecepatan putaran roda kanan dan kiri bisa berbeda menyesuaikan kondisi jalan.

“Selain kapasitas baterai, controller juga menentukan jarak tempuhnya, tapi konsekuensinya ada pada kecepatan, berhubung ini untuk penyandang disabilitas maka kecepatan maksimalnya dibikin 40 Kpj,” ucap Rubiyanto.

Rubiyanto mengatakan yang menjadi keunggulan motor listrik adalah tenaga serta torsi yang dihasilkan. Sehingga lebih kuat untuk menanjak dan mengangkut muatan.

“Ditambah lagi, motor listriknya ini sudah menggunakan rem regeneratif sehingga gaya engine brake akan dimanfaatkan untuk mengisi daya baterai,” ucap Rubiyanto.

Rubiyanto mengatakan konsumen bisa melakukan pemesanan dan konsultasi terlebih dulu untuk bisa mengubah sepeda motor yang dimiliki menjadi tricycle bertenaga motor listrik.

“Yang ini biaya modifikasinya Rp 9 juta belum termasuk baterai, soalnya kan baterai bisa memilih mau yang kapasitasnya berapa,” ucap Rubiyanto.

Source: Kompas.com

Leave a Reply