You are currently viewing Indonesia Juara Umum ASEAN Para Games 2023, Stafsus Angkie Yudistia Harap Regenerasi Atlet Disabilitas Terus Dijaga

Indonesia Juara Umum ASEAN Para Games 2023, Stafsus Angkie Yudistia Harap Regenerasi Atlet Disabilitas Terus Dijaga

  • Post category:Berita

Melihat prestasi gemilang di ASEAN Para Games 2023 Kamboja, Staf Khusus Presiden Bidang Sosial Angkie Yudistia berharap pembinaan yang sistemis dan regenerasi atlet disabilitas dapat terus dijaga.

Hal ini tak lain guna memberikan potensi lebih besar dalam upaya mengharumkan Indonesia di mata dunia.

“Dengan pembinaan yang terstruktur dan sistematis dari Komite Paralimpiade Nasional (NPC) Indonesia berkolaborasi dengan semua pihak terkait. Menyiapkan para atlet kita untuk lebih siap dan konsisten menjadi juara di berbagai ajang,” kata Angkie saat jumpa pers di Head Quarter Indonesia, Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Jumat, 9 Juni 2023 mengutip keterangan pers.

“Para atlet penyandang disabilitas ini diharapkan terus konsisten dan regenerasi atlet terus berjalan dari NPC Indonesia mulai di daerah, nasional hingga berpotensi di ajang internasional. Mari kita dukung bersama dan berikan apresiasi sebaik-baiknya,” tambahnya.

Perempuan penyandang Tuli ini berharap, ajang seperti Asean Para Games dapat dijadikan momentum untuk para penyandang disabilitas merasakan kesetaraan.

“Jadikan kejuaraan Asean Para Games 2023 ini sebagai momentum kita memberikan kesempatan yang sama kepada penyandang disabilitas bahwa keberadaan mereka adalah setara dengan masyarakat lainnya,” ujarnya.

Pembinaan dan Pelatnas Tidak Pernah Putus

Sementara, Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia Andi Herman, menyampaikan pembinaan dan pelatihan nasional (pelatnas) atlet para games tidak pernah putus dan terus berkesinambungan.

“Para atlet setelah ini memang minim istirahat karena harus mengikuti pelatnas kembali untuk persiapan Asian Para Games di China yang tinggal tiga bulan,” kata Andi.

“Selanjutnya, target untuk Paralimpiade 2024 Paris. Ada juga atlet kita yang akan berangkat ke kejuaraan dunia para bulutangkis di Kanada sebagai rangkaian untuk mengumpulkan poin agar lolos kualifikasi Paralimpiade Paris,” jelasnya.

Pembinaan Atlet Disabilitas Indonesia Terus Berkesinambungan

Menurut Andi pembinaan atlet disabilitas di Indonesia terus berkesinambungan karena mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak.

“Jadi pembinaan atlet di NPC Indonesia ini selalu terus berkesinambungan. Tentu saja ini dapat berlangsung lancar karena dukungan penuh dari pemerintah untuk memberikan support-nya sehingga atlet fokus mencapai prestasinya,” Andi menambahkan.

Dia juga menyampaikan terima kasih atas apresiasi tinggi yang akan diberikan pemerintah sebagai bentuk kesetaraan di mana hal itu menjadi motivasi tinggi para atlet agar dapat terus fokus berprestasi.

“Atas apresiasi yang akan disampaikan oleh pemerintah sekali lagi akan menjadi motivasi bagi atlet untuk bisa terus berkompetisi dengan atlet negara lain,” katanya.

Bonus Setara

Apresiasi dari pemerintah yang dimaksud Andi adalah bonus dalam sejumlah uang. Menurut Seskemenpora Gunawan Suswantoro, bonus yang akan diberikan pemerintah nanti jumlahnya setara dengan bonus yang diberikan kepada atlet SEA Games 2023 Kamboja.

“Untuk masalah bonus, sesuai yang disampaikan Presiden Jokowi, pemerintah akan memberikan bonus setara dengan atlet SEA Games 2023 Kamboja. Kalau dibandingkan yang di Vietnam sebelumnya ada kenaikan 5 persen. Dan itu sama untuk atlet Asean Para Games kita,” ujar Gunawan.

Dengan pemberian bonus dan apresiasi ini, Andi Herman berharap di Asian Para Games dan Paralimpiade yang akan datang, atlet-atlet disabilitas bisa kembali membawa kabar baik untuk Indonesia.

“Dan semoga konsistensi yang ada dari pemerintah selama ini bisa mendukung semua upaya atlet untuk bisa mencapai target minimal agar bisa meloloskan baik untuk Asian Games dan Paralimpiade,” pungkasnya.

Source: Liputan6.com

Leave a Reply